Catatan Filsafat

WEBSITE BERISI CATATAN DAN ANALISIS TENTANG FILSAFAT, ILMU, PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, POLITIK, SOSIAL, BUDAYA, AGAMA, NILAI, DAN ETIKA
BY MUHAMMAD QATRUNNADA AHNAF
A.K.A. MQAHNAF

Full width home advertisement

Esai

Puisi

Post Page Advertisement [Top]

Terdapat struktur yang harus digunakan dalam menulis karya ilmiah, yaitu bagian awal, inti, dan akhir. Bagian awal berisi judul, lembar pengesahan (tanda tangan dosen pembimbing), pernyataan tidak plagiat bermeterai, pra-kata, daftar isi, intisari (abstract).

Bagian inti terdapat enam bab, jika disertasi. Sementara untuk tesis dan skripsi cukup lima bab. Bab pertama adalah bab pendahuluan. Bab pendahuluan berisi tentang latar belakang penelitian (baik secara teoritis maupun praktis), dimana dijelaskan permasalahan, rumusan masalah, keaslian penelitian dan manfaat penelitian. Manfaat penelitian harus terkait pada tiga hal yaitu bagi perkembangan ilmu yang dipelajari, bagi pembangunan nasional dan bagi penelitian berikutnya.

Selanjutnya pada bab pendahuluan dijelaskan mengenai tujuan penelitian (baik secara inventarisasi, analisis kritis, maupun refleksi), lalu dijelaskan pula tinjauan pustaka, landasan teori yang dipakai (objek formal), metode penelitian (sumber data, langkah-langkah penelitian, dan analisis kritis metode yang dipakai), serta sistematika penelitian.

Bab kedua membahas tentang objek formal yang digunakan dalam penelitian. Pada bab kedua objek formal tersebut diuraikan pengertiannya baik secara etimologis, historis, dan terminologis. Serta dijelaskan pula problem utama dalam cabang filsafat yang dipilih sehingga diakhiri dengan aliran-aliran utama dalam objek formal tersebut.

Bab ketiga membahas tentang deskripsi dari objek material yang dikaji. Berisi tentang fakta-fakta atau informasi secara penuh terhadap objek material yang dikaji. Contohnya, jika objek materialnya adalah seorang tokoh maka diberikan informasi tentang biografi, karya-karya, sumber inspirasi yang mempengaruhi pemikirannya, dan pokok-pokok pikirannya. Perlu digarisbawahi bahwa deskripsi ini fokus pada masalah yang hendak dikaji saja sehingga tidak terlalu berbelit dan meluas.

Bab keempat adalah inti dari karya ilmiah. Pertama berisi tentang analisis terhadap objek material yang dikaji dari perspektif objek formal yang telah dibahas sebelumnya. Untuk skripsi cukup sampai disini. Untuk tesis ada tambahan yaitu berupa kritik atau evaluasi tentang kelebihan maupun kekurangan dari hasil analisis yang telah diuraikan.

Jika skripsi dan tesis maka bab kelima adalah penutup yang berisi kesimpulan yang menjawab rumusan masalah dan tujuan penelitian, memberi pencerahan baru, berbentuk tesis-tesis. Penutup juga berisi tentang saran-saran yaitu rumusan yang dapat dilaksanakan secara konkret. Sementara untuk disertasi, bab kelima berisi tentang refleksi penulis atas hasil penelitian yang telah dilakukan, yang lalu dikontribusikan atau direfleksikan terhadap sesuatu hal yang lain sehingga penulis harus menemukan atau menyintesiskan sesuatu hal yang baru. Hal tersebut juga berkaitan erat dengan manfaat penelitian pada bab pertama, dan berkaitan juga dengan evaluasi tentang kelebihan dan kekurangan. Untuk disertasi, bab penutup dipindah ke bab enam.
Bagian akhir berisi tentang daftar pustaka, lampiran-lampiran, serta glosarium. Dimana glosarium berisi tentang penjelasan atas kata-kata asing yang digunakan di dalam karya ilmiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib