Catatan Filsafat

WEBSITE BERISI CATATAN DAN ANALISIS TENTANG FILSAFAT, ILMU, PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, POLITIK, SOSIAL, BUDAYA, AGAMA, NILAI, DAN ETIKA
BY MUHAMMAD QATRUNNADA AHNAF
A.K.A. MQAHNAF

Full width home advertisement

Esai

Puisi

Post Page Advertisement [Top]

Apa itu Kosmologi?

Secara umum, berdasarkan asal usul kata, kosmologi berasal dari dua kata: cosmos+logos. Cosmos berarti harmoni, keteraturan, atau alam semesta, sementara logos berarti kata, akal, atau ilmu.

Secara spesifik, kosmologi dapat diartikan sebagai ilmu mengenai alam semesta. Ilmu di sini dapat berati mengenai keteraturan alam, maupun unsur-unsur beserta struktur alam semesta.

Dalam prakteknya, makna kosmologi berpisah menjadi dua hal: kosmologi saintifik dan kosmologi metafisik. Kosmologi saintifik dilandasi dengan model berpikir yang relatif dan eksperimental, sementara kosmologi metafisik dilandasi dengan model berpikir yang spekulatif dan filosofis.

Jika di lacak secara historis, kosmologi yang muncul pertama kali adalah kosmologi metafisik. Kosmologi metafisik didahului oleh kosmogoni-kosmogoni—yaitu cerita kuno perihal asal mula alam semesta—yang  muncul dalam proses kultural di dalam masyarakat. Nafas perjuangan kosmologi metafisik adalah mencari penjelasan yang lebih masuk akal, daripada sekadar cerita kuno yang penuh mistis dan misteri.

Perkembangan teknologi dan sains memberikan perubahan paradigma yang signifikan. Metode ilmiah menyergap kosmologi sehingga berwatak saintifik, observatif, dan eksperimental. Kemudian muncullah berbagai pergerakan untuk melepaskan kosmologi dari filsafat.


Pada dasarnya filsafat dan ilmu memang berbeda, namun bukan berarti mereka incompatible. Filsafat yang lebih spekulatif dan holistik, tidak berbenturan secara kontradiktori dengan ilmu yang relatif dan eksperimental. Justru tujuan mereka sama, mencari kebenaran. Dengan demikian, mereka dapat bersama-sama pula mengembangkan diskursus kosmologi.

Catatan: Tulisan ini adalah tugas mata kuliah Kosmologi di Fakultas Filsafat UGM

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib