Catatan Filsafat

WEBSITE BERISI CATATAN DAN ANALISIS TENTANG FILSAFAT, ILMU, PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, POLITIK, SOSIAL, BUDAYA, AGAMA, NILAI, DAN ETIKA
BY MUHAMMAD QATRUNNADA AHNAF
A.K.A. MQAHNAF

Full width home advertisement

Esai

Puisi

Post Page Advertisement [Top]

Apakah Filsafat Relevan dalam Pembahasan Kosmologi?

Ilmuwan fisika terlihat persis seperti ujaran pepatah yaitu “kacang lupa kulitnya”, terutama ilmuwan fisika yang berpendirian bahwa filsafat sudah tidak relevan lagi dalam diskursus kosmologi. Sekilas, filsafat seakan terlihat memang sudah tidak relevan lagi di dalam diskursus kosmologi. Bagaimanapun, pendirian tersebut memunculkan pertanyaan dalam benak saya yaitu: dalam hal apa filsafat tidak lagi relevan? dan masih adakah ruang bagi filsafat untuk masuk dalam diskursus kosmologi?

Perlu dimengerti, dalam hal kemajuan eksperimental serta teori-teori kosmologi, filsafat sangatlah lemah. Sebab, filsafat memang mendasarkan dirinya pada model berpikir yang spekulatif. Namun, perlu diingat, segala penemuan dan kemajuan yang hadir dalam sains, tidak membatalkan pemikiran yang ada dalam filsafat, karena model berpikir mereka berbeda; sains dengan relativitas ilmu dan eksperimennya, dan filsafat dengan logika dan spekulasinya.

Dengan tidak menghiraukan sisi eksperimental serta sisi teori-teori kosmologi, filsafat tetap relevan. Relevansi filsafat di sini berada dalam ranah metodologi dan prinsip-prinsip kosmologi. Diskursus kosmologi tidak akan berjalan tanpa adanya bantuan pembahasan metodologi kosmologi dari filsafat, serta bantuan pembahasan prinsip-prinsip kosmologi dari filsafat.


Perlu diingat, ilmu merupakan kumpulan fakta yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu struktur teoritis yang kemudian digunakan untuk memprediksi masa depan sekaligus merekonstruksi masa lalu. Cara menyusun teori, observasi, dan sebagainya adalah ranah subur bagi filsafat. Dengan demikian, tidaklah demikian filsafat menjadi tidak relevan dalam kosmologi, justru filsafat dan sains harus bekerja sama untuk mengembangkan diskursus kosmologi.

Catatan: Tulisan ini merupakan tugas mata kuliah Kosmologi di Fakultas Filsafat UGM

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib