Catatan Filsafat

WEBSITE BERISI CATATAN DAN ANALISIS TENTANG FILSAFAT, ILMU, PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, POLITIK, SOSIAL, BUDAYA, AGAMA, NILAI, DAN ETIKA
BY MUHAMMAD QATRUNNADA AHNAF
A.K.A. MQAHNAF

Full width home advertisement

Esai

Puisi

Post Page Advertisement [Top]

Yin Yang adalah sistem pemikiran yang melandasi seluruh pemikiran filsafat cina. Yin Yang mengajarkan tentang jalan tengah atau keseimbangan. Maksud keseimbangan disini adalah dua hal yang akan saling melengkapi. Yin Yang mengajarkan 2 prinsip yaitu prinsip Yin dan Yang. Dua prinsip tersebut tidak terbatas pada apapun sehingga setiap hal yang ada di alam semesta ini pasti terdapat prinsip Yin dan Yang. Contoh prinsip Yin Yang disini seperti wanita-pria, bumi-langit, bawah-atas, kiri-kanan, dsb.

Yin Yang juga mengajarkan perihal zat asali alam semesta. Terdapat 5 zat asali dari alam semesta yaitu: Api (kalor atau panas), Tanah, Logam (mineral), Air, dan Kayu. Kelima zat asali ini memiliki hubungan satu sama lain. Terdapat 2 macam hubungan antara kelima zat tersebut yaitu produktif (maju atau menghasilkan) dan destruktif (mundur atau menghilangkan).  Kehubungan antara kelimanya dapat di lihat seperti bagan di bawah ini.


Dapat kita pahami dari bagan di atas, bahwa tanah merusak air, air merusak api, api merusak logam, logam merusak kayu, dan kayu merusak tanah. Begitu juga tanah menghasilkan logam, logam menghasilkan air, air menghasilkan kayu, kayu menghasilkan api, dan api menghasilkan tanah.

Yin Yang jugamengajarkan terdapat kesamaan antara Alam semesta dengan manusia. Alam semesta kita sebut Makro Kosmos sementara manusia kita sebut Mikro Kosmos. Matahari sama dengan jantung, Bumi sama dengan empedu, hujan sama dengan paru-paru, bulan samadengan ginjal, dan angin sama dengan hati.

Yin Yang juga diterapkan pada setiap Ilmu pengetahuan dari cina. Contohnya bidang Kedokteran yaitu Pola makan haruslah seimbang seperti ketika kita memakan yang panas maka kita harus mengimbanginya dengan yang dingin. Pada bidang Feng (angin) – Shui (air) di mana letak harus proporsional dengan ketinggian tanah dan mata angin. Pada bidang Astrologi di mana keberuntungan dan ketidak mujuran di hitu berdasarkan keharmonisan kehidupan. Bahkan Pada bidang beladiri yang di namai Wei Tang Pong, juga menerapkan sistem Yin dan Yang di mana hakikatnya hanya ada 2 gerakan yaitu maju dan mundur. Namun, sekarang Wei Tang Pong sudah di adaptasi menjadi gerakan senam juga.

Semoga dengan artikel di atas, teman teman bisa mengerjakan ujian dengan lancar. Good Luck!

2 komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib