Catatan Filsafat

WEBSITE BERISI CATATAN DAN ANALISIS TENTANG FILSAFAT, ILMU, PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, POLITIK, SOSIAL, BUDAYA, AGAMA, NILAI, DAN ETIKA
BY MUHAMMAD QATRUNNADA AHNAF
A.K.A. MQAHNAF

Full width home advertisement

Esai

Puisi

Post Page Advertisement [Top]

Filsafat Sosial Herbert Spencer

Spencer menggunakan landasan teori evolusi material. Semua berawal dari material yang terpisah-pisah yang memiliki ciri masing-masing. Kemudian, hal material tersebut saling berinteraksi sesamanya sehingga menciptakan sesuatu yang baru yang memiliki struktur yang lebih rumit dari pada hal material tersebut. Ia pun berpendapat bahwa daya material untuk berinteraksi tersebut bersifat kekal. Dengan demikian, penggandaan pengaruhlah yang kemudian menjadi kunci dalam dinamika interaksi hal material tersebut.

Spencer berpandangan bahwa masyarakat juga merupakan organisme. Implikasi dari hal tersebut menyebabkan masyarakat memiliki suatu bentuk tertentu dan dapat berubah secara independen, terlepas dari perilaku individunya. Ia pun menunjukkan tahapan dalam evolusi masyarakat yaitu berawal dari tahap penggandaan pengaruh yang mana individu yang membentuk suatu masyarakat akan memiliki kekuatan yang lebih dari sekadar individu saja. Kemudian, masuk ke dalam tahapan kompleksifikasi yaitu tahapan di mana masyarakat tersebut memiliki suatu sistem yang lebih kompleks dari pada sekadar individu saja. Setelah itu, masuk ke dalam tahap diferensiasi yang mana dalam masyarakat terdapat pembagian tugas secara fungsional. Terakhir adalah tahapan pengintegrasian yang mana setiap pembagian tugas tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya menjadi kan suatu sistem yang utuh.


Spencer berpandangan bahwa terdapat dua tipe masyarakat. Pertama adalah tipe militerisme. Tipe militerisme merupakan tipe masyarakat yang bertitik tolak pada kekerasan dan kekuasaan. Tipe ini kemudian akan beralih menjadi tipe industrialisme yang mana merupakan masyarakat yang damai dan fokus pada produksi untuk kesejahteraan individu di masyarakatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib